Tag » , » Rakit Komputer Sendiri - Why Not?

Rakit Komputer Sendiri - Why Not?



Membeli sebuah komputer yang telah jadi mungkin adalah sebuah pilihan dari sekian banyak orang. Tapi, apabila kita memiliki banyak waktu luang dan kantong yang lumayan tipis untuk membeli komputer baru, merakit komputer sendiri mungkin menjadi pilihan yang lebih bijak bagi kita.


Ada beberapa keuntungan bila kita ingin merakit komputer sendiri tanpa membeli komputer yang telah jadi:

Harga yang akan kita keluarkan lebih murah

Uang memang kadang menjadi kendala bagi kita untuk menikmati komputer baru. Apabila anda ingin membeli sebuah komputer yang sudah jadi, harganya mungkin akan lebih tinggi 1,5-2.0 x lebih tinggi dibanding anda merakit sendiri.


Anda mengerti tantang komponen komputer

Ilmu memang lebih penting dibandingkan apapun. Karena itu, dengan merakit komputer sendiri anda secara tidak langsung akan mengetahui harga-harga komponen komputer di pasaran. Dan anda juga dapat mengetahui cara memasang komponen-komponen yang ada pada CPU. Sehingga, apabila teman anda meminta tolong untuk merakit komputernya, anda dapat menolongnya. Hitung-hitung beramal.

Anda mendapatkan kepuasan

Apabila komputer yang anda rakit telah selesai dan mampu bekerja dengan baik. Anda tentu akan mendapatkan perasaan puas yang tidak akan anda dapatkan apabila membeli komputer yang langsung jadi. Rasa kepuasan ini tampaknya tidak dapat dinilai dengan apapun.

Tetapi, ada juga kerugian yang mungkin akan anda dapatkan apabila ingin merakit komputer sendiri:


Waktu banyak terbuang

Apabila anda adalah orang sibuk yang hanya memiliki waktu luang sedikit, merakit komputer sendiri tampaknya akan menemui banyak hambatan. Karena, anda harus sering melihat harga-harga pasaran komponen komputer yang ada, agar anda tidak mengalami kerugian. Selain itu, anda juga mungkin akan sangat sering bertanya kepada teman anda yang mengerti tentang komputer agar anda tidak mengalami kesalahan dalam merakit.

Kesabaran anda diuji

Saat memasang komponen tersebut di dalam CPU, mungkin kita melakukan sedikit kesalahan dalam pemasangan. Sehingga saat Komputer booting, terjadi masalah. Nah, disinilah kesabaran kita diuji. Tentunya kita harus membuka CPU lagi dan memeriksa komponen mana yang belum terpasang dengan benar.

Dari uraian singkat tadi, saya simpulkan bahwa, apabila kita memiliki waktu luang yang banyak dan kebetulan kantong yang tipis, saya lebih menyarankan untuk merakit komputer sendiri. Namun, apabila anda tipe orang yang ingin instan dan tidak sabaran, merakit komputer sendiri mungkin bisa menjadi hal yang cukup berat.

Semoga saja bermanfaat, dan tunggu saja postingan saya yang berikutnya Seputar Dunia Komputer.








Go to My Other Blog Here

Saya Sarankan Anda Baca Juga



39komentar:

Post a Comment

 

Followers

Followers

Blog Traffic's

Computer Blogs - BlogCatalog Blog Directory http://Link-exchange.comxa.com Technology Blogs PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia PageRank Join My Community at MyBloglog!

Review Blog ini

Review elsoulpc.blogspot.com on alexa.com

ZoomBox

- 10 +