Tag » , » Fungsi dan Tugas Komponen Komputer

Fungsi dan Tugas Komponen Komputer





Sebelum kita ingin merakit komputer, kita tentu harus mengenali setiap komponen-komponen dari komputer. Kali ini, postingan saya akan menjelaskan mengenai komponen-komponen dari setiap komputer.

Processor



Komponen ini pasti diketahui oleh setiap orang. Processor adalah otak dari komputer. Semua pekerjaan komputer secara langsung dan tidak langsung diolah oleh processor. Processor merupakan pusat kontrol dari komputer yang berfungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak di socket motherboard dan dapat diganti asal socketnya sesuai.

Dalam processor terdapat cache yang merupakan sistem penyimpanan data cadangan yang berkecepatan tinggi.
Tingkatan cache:
L1 (Level 1) : Tingkatan cache teratas. Kapasitas memori memang kecil, tapi lebih mahal dan tercepat.
L2 (Level 2) : Tingkatan cache kedua. Kapasitas memory lebih besar dibanding L1, tapi kecepatan dan harga lebih rendah. Tapi, masih lebih cepat dibanding RAM.
L3 (Level 3) : Tingkatan cache terendah. Kapasitas memory paling besar, namun harga dan kecepatan paling rendah. Masih lebih cepat dibanding RAM.


VGA Card (Video Graphic)




Komponen yang bertugas untuk mengolah tampilan graphic yang kemudian akan diteruskan ke layar monitor. Kualitas gambar yang ditampilkan ke layar monitor, sangat ditentukan oleh VGA Card yang kita miliki. Untuk yang senang bermain game di komputer, VGA Card merupakan komponen yang paling penting dan diutamakan. Karena, semakin bagus VGA yang kita miliki, semakin baik kualitas gambar yang dihasilkan.

VGA Card memiliki 2 tipe:
1.VGA Card yang terintegrasi dengan motherboard. Pada VGA ini, kapasitas memory shared/terbagi dengan RAM yang kita miliki.
2.VGA Card yang tidak tergabung dengan motherboard. VGA ini memiliki kapasitas memory sendiri dan biasanya lebih mahal daripada VGA yang terintegrasi dengan motherboard.


Motherboard




Motherboard ibarat sebuah karpet/papan elektronik. Karena, komponen ini menjadi alas untuk meletakkan komponen-komponen komputer lainnya. Didalam Motherboard, terdapat socket processor, serta slot-slot untuk komponen seperti RAM, VGA Card, Sound Card dll.


RAM




RAM merupakan tempat untuk menyimpan data sementara segala proses data. Kapasitas memory nya diukur dalam satuan Megabytes dan Gigabytes. Saat ini, sudah tersedia RAM dengan kapasitas memory mencapai 16 GB.

Keunggulan DDR3 dibanding DDR2

Mempunyai bandwidth yang lebih tinggi dibandingkan generasi pendahulunya.
Memliki kecepatan efektif memori dapat mencapai 1866 MHz (sampai tahun 2008)
Lebih hemat energi dan performanya lebih bagus.
Dilengkapi desain sistem pendingin (cooler) yang lebih bagus.



PSU (Power Supply Unit)



Power Supply merupakan komponen yang mengalirkan listrik kesetiap komponen komputer. Power Supply yang baik adalah yang pure, yaitu power supply yang mampu mengalirkan listri dengan baik. Untuk lebih jelasnya, bisa anda lihat di postingan saya disini


Hard Disk



Hard Disk merupakan komponen yang bertugas menyimpan data secara permanen. Komponen ini memiliki kapasitas memory yang sangat besar. Hingga kini sudah tersedia HDD yang memiliki kapasitas memory mencapai 2 TB (Terabyte)


Optical Drive



Optical Drive berfungsi untuk membaca dan menyimpan media yang berformat CD, DVD dan Blue Ray. Untuk ODD Blue Ray saat ini masih memiliki harga yang lumayan tinggi.


Monitor



Monitor merupakan komponen yang terpisah dari CPU dan berfungsi untuk menampilkan gambar yang telah diolah di komponen-komponen CPU. Dalam Monitor, terdapat satuan 15", 17", 21" yang merupakan ukuran dari monitor tersebut. Semakin besar ukurannya, semakin baik gambar yang dihasilkan dan semakin mahal harga yang harus kita bayar.

Perbandingan LED dan LCD:

LED (Light Emiting Dioda) :
Kualitas warna gambar lebih halus dan lebih sempurna, hampir mendekati warna asli
Menghemat energy 40 persen dibandingkan televisi LCD dengan ukuran yang sama
Bebas merkuri dan desain yang sangat tipis
Harga TV LED sekitar 20 hingga 30 persen lebih mahal
Kontrasnya rasio dengan perbandingan yang cukup tinggi

LCD (Liquid Crystal Display) :
Kualitas gambar bagus,
Mercury digunakan dalam proses manufaktur
Harga lebih murah dibandingkan LED

So, buat anda yang mau rakit komputer sendiri, mungkin postingan kali ini bisa jadi referensi. Tunggu saja Next Series.

Go to My Other Blog Here

Saya Sarankan Anda Baca Juga



30komentar:

Post a Comment

 

Followers

Followers

Blog Traffic's

Computer Blogs - BlogCatalog Blog Directory http://Link-exchange.comxa.com Technology Blogs PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia PageRank Join My Community at MyBloglog!

Review Blog ini

Review elsoulpc.blogspot.com on alexa.com

ZoomBox

- 10 +