Tag » , , » Pentingnya Power Supply

Pentingnya Power Supply


Ketika seseorang ingin merakit komputer, kebanyakan dari mereka lebih mengutamakan vga card ataupun sebuah prosessor. Sedangkan, Power Supply mungkin akan menjadi pertimbangan yang kesekian, atau mungkin pertimbangan terakhir. Padahal power supply itu ibarat jantung manusia, yang mengalirkan darah ke seluruh tubuh manusia. Power Supply bertugas mengalirkan listrik ke komponen komputer.


Apa itu power supply?Power Supply merupakan sebuah komponen yang mengalirkan/menyediakan listrik ke komponen-komponen yang berada di CPU. Power Supplylah yang membagi bagi volt ke setiap piranti-piranti komputer. Contohnya 5-10 volt digunakan untuk menghidupkan motherboard, HDD dan piranti lainnya.

Jika komponen-komponen komputer yang terdapat di CPU memerlukan voltase listrik yang besar, seperti Kartu Grafik yang High End, Processor High End, HDD lebih dari 1, DVD Room lebih dari 1 maka kita harus menggunakan Power Supply yang yang bervoltase besar. Saat ini sudah tersedia banyak Power Supply yang memiliki voltase hingga >750 watt. Semakin besar voltase PSU semakin besar pula harga yang harus dikeluarkan.

Ketika kita sedang pergi ke tokoh perlengkapan komputer mungkin kita akan melihat sebuah Power Supply yang memiliki daya 500 watt yang berharga hanya 150 ribu, sedangkan yang memiliki daya 350 watt berharga 450 ribu. Loh, bukankah semakin besar voltase semakin mahal harganya??? Ternyata tidak. PSU memiliki 2 tipe, yaitu yang pure dan yang tidak. PSU yang pure ibarat jantung manusia yang masih sehat. PSU ini mampu mengalirkan listrik dengan baik dan mampu mengalirkan listrik sesuai daya yang ada. Namun dibarengi dengan harganya yang jauh lebih mahal. Sedangkan , PSU non pure biasanya tidak mampu mengalirkan listrik sesuai daya yang ada. Contohnya PSU non pure yang 500 watt biasanya hanya mampu mencapai 350-400 watt atau kurang dari itu. Tapi PSU ini memiliki harga yang jauh lebih murah. Namun, PSU non pure juga bisa merusak piranti-piranti komputer seperti harddisk dsb.

PSU juga layaknya komponen-komponen komputer lainnya. PSU juga harus dijaga agar tetap awet. Berikut tips-tips menjaga keawetan Power Supply:

Jaga Kebersihan Power Supply
Apabila kita meneliti Power Supply, kita akan menemukan sebuah lubang angin. Jagalah bagian ini agar tidak terkena debu. Bersihkan bagian lubang angin ini dengan kuas dan hati-hati. bersihkan juga bagian lainnya.

Ganti Power Supply dalam kurun waktu tertentu.
Sebuah Power Supply yang pure dapat bertahan hingga 4-5 tahun atau lebih. Namun sebuah Power Supply non pure hanya bisa bertahan kurang dari itu. Jangan memaksakan PSU anda untuk bekerja lebih lama. Karena ini bisa mengganggu kestabilan Komputer anda dan merusak piranti lainnya.


Bagi anda para perakit komputer, jangan menjadikan PSU sebagai pilihan terakhir. Tanpa PSU yang pure, maka kartu grafik high-end anda akan menjadi sia-sia saja. Jadi yang mana pilihan anda??PSU yang pure dengan harga mahal tapi dengan kualitas yang baik. Atau PSU non pure yang berharga miring tapi dapat merusak piranti-piranti komputer anda.

Go to My Other Blog Here

Saya Sarankan Anda Baca Juga



8komentar:

Post a Comment

 

Followers

Followers

Blog Traffic's

Computer Blogs - BlogCatalog Blog Directory http://Link-exchange.comxa.com Technology Blogs PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia PageRank Join My Community at MyBloglog!

Review Blog ini

Review elsoulpc.blogspot.com on alexa.com
There was an error in this gadget

ZoomBox

- 10 +